27/07/2015

Belajar Serenity Bargello



Pada tanggal 23 Juli 2015 aku dan Erika Djakfar belajar membuat wall hanging dengan teknik patchwork bargello. Memanfaatkan waktu kepulangan Nungki Popoy owner Bali Batik Iki ke Banda Aceh untuk mengajarkan kami. Workshop singkat kali ini bertempat di toko mebel jati jepara milik Erika. Meski cuma kami bertiga tapi seru dan heboh. banyak selingan berfoto-foto. Membuat Serenity Bargello ini benar-benar memeras otak dan harus benar-benar fokus pada urutan warna dan jarak.


Mula-mula mengurutkan warna-warna kain ukuran jelly roll. Baru mejajarkan warna kain batik bali yang indah ini aja sudah senang, mood jadi nambah untuk memulai.

Mendengarkan instruksi mentor dengan baik....

Mesti siapkan jarum pentul banyak-banyak.... agar hasilnya presisi pertemuan antar lipatan kain.

Seterika bentar-bentar supaya tetap rapi

Lanjut mentul mentulinnya, jahit sambung, terus seterika lagi bentar bentar... mentul lagi, gitu terus... hehe...


Yang udah dikasih pentul, dijahit per baris, dijejerin lagi biar urutan gelombangnya saling nyambung warnanya,.... eh.... pake acara ndedel dan ulang lagi beberapa strip terakhir.... huhu.... udah sore barangkali.... kecapean.... jadi ga fokus...

Ga lupa welfie dulu.... tetep semangat.... ! Ga selesai juga sehari itu, jadi lanjut lagi di rumah. yang penting udah dapat dasar-dasar ilmunya.

Senangnya saat sudah mulai menyatukan per bagian-bagiannya. Lihatlah.... warna-warna cantik dari corak kain batik bali ini..... jenis kain katun poplin ini enak banget ngerjainnya, cocok buat ngecraft atau dibuat patchwork seperti ini.

Seminggu ngerjain ini mulu, nyari waktu di sela-sela rutinitas rumah tangga.... leganyaa..... meski tinggal pasang bordernya..

Soo amazing.... setelah selesai ngerjainnya... feeling so good. biasa ngerjain yang simpel-simpel aja, tapi ini lumayan menyenangkan juga meski menguras otak karena tingkat fokus yang lebih tinggi. mungkin karena tak terbiasa aja kali ya.. hmm... kapan lagi ya rencanain buat yang ginian lain kali.... :D
thanks to Erika yang udah barengan belajar dan nyediain tempat di toko Ratu Jepara nya yang keren, pas lagi kita workshop laku pula satu set meja makannya yaa.... jadinya kita ditraktir makan siang ni... asik.... and thanks to Nungki Popoy yang udah meluangkan waktunya ngajarin kami. guru patchwork di Banda Aceh langka loh.... mesti datang dari luar dulu.... jadi benar-benar memanfaatkan kesempatan untuk belajar dan menambah ilmu

No comments:

Post a Comment